MENU TUTUP
Selasa, 08 Oktober 2024 | 23:47:55 WIB - Dibaca: 338 kali

Upaya Tingkatkan Mutu Pendidikan melalui Akreditasi Sekolah, Kadisdik Bengkalis Jalin MoU dengan BAN-PDM Provinsi Riau

Editor: Zuriat Abdillah, S.Pd.I - Reporter: Ade Indra - Fotografer: Elbiner Batubara
Upaya Tingkatkan Mutu Pendidikan melalui Akreditasi Sekolah, Kadisdik Bengkalis Jalin MoU dengan BAN-PDM Provinsi Riau

BENGKALIS - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bengkalis, Hadi Prasetyo, ST., M.Sc, melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan/Memorandum of Understanding (MoU) bersama Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar (PD) dan Pendidikan Menengah(PM) (BAN-PDM) Provinsi Riau, di Kantor Disdik Bengkalis, Selasa, 8 Oktober 2024.

MoU ini berisikan tentang Peningkatan Mutu Pendidikan di Provinsi Riau, melalui Akreditasi PAUD, PD dan PM, khususnya di Kabupaten Bengkalis.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada kita semua khususnya kepada BAN-PDM atas terjalinnya kesepakatan ini. Semoga upaya ini menjadi bagian dari langkah kita dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Bengkalis," ujar Kadisdik Bengkalis.

Hadi Prasetyo, juga menjelaskan bahwa akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Satuan Pendidikan dan/atau program pendidikan kesetaraan berdasarkan penilaian mutu layanan pendidikan.

"Kerjasama untuk akreditasi ini menjadi sangat penting untuk dilaksanakan. Bukan hanya untuk menjamin mutu layanan pendidikan, namun juga sebagai bentuk akuntabilitas publik untuk melindungi kepentingan peserta didik dan masyarakat," sebutnya.

Proses akreditasi yang menjadi kewenangan BAN PDM ini menurut Kadisdik Bengkalis mencakup semua jenjang Pendidikan yang menjadi kewenangan Kabupaten, baik itu Satuan Pendidikan Negeri maupun swasta, dimulai dari TK, KB, SD, SMP.

Kemudian dilingkungan Kemenag, baik itu negeri maupun swasta. Dimulai dari RA, MI, MTs dan MA/MAK. Serta melakukan akreditasi untuk program pendidikan kesejahteraan yang mencakup pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan umum setara MI/SD program paket A, setara SMP/MTs program paket B, setara SMA/MA program paket C dan setara SMK/MAK program paket C kejuruan.

"Saya menghimbau kepada seluruh jajaran Disdik Kabupaten Bengkalis untuk melakukan sosialisasi dengan sebaik-baiknya kepada Satuan Pendidikan di Kabupaten Bengkalis. Sampaikan bahwa jangan takut dan menganggap Akreditasi ini sebagai beban. Jadikan ini sebagai pelecut upaya kita dalam meningkatkan mutu pendidikan. Apa lagi akreditasi adalah sebuah tuntutan aturan dan zaman untuk menstandarisasi mutu layanan pendidikan," pesan Hadi Prasetyo.

Sementara itu, Ketua BAN PDM, Samulak S.Pd, M.Si, menyampaikan bahwa BAN PDM Provinsi Riau siap membantu Kabupaten Bengkalis melakukan peningkatan mutu pendidikan. 

"Kami siap bersama-sama dan bersinergi dengan Dinas Pendidikan Bengkalis untuk meningkatkan Mutu Pendidikan di Bengkalis. Karena pada MoU ini mencakup Pelaksanaan Sosialisasi, Pendampingan, Penguatan Kapasitas SDM, dan Persiapan Pelaksanaan Akreditasi Sekolah," ujarnya.

MoU ini langsung ditandatangani oleh Kadisdik Bengkalis, Hadi Prasetyo dan Ketua BAN-PDM Provinsi Riau, yang disaksikan para pejabat dilingkungan Disdik Kabupaten Bengkalis dan undangan lainnya.

[Ikuti Terus Disdik Bengkalis Melalui Sosial Media]







Disdik Bengkalis
di Google+



Disdik Bengkalis
di Instagram
Berita Terkait +
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Wakili Pjs Bupati, Kadisdik Bengkalis Buka FGD dan MTA XVIII IPEMALIS Jakarta

Dibaca : 200 Kali
2

Perhatikan Nasib Anak Putus Sekolah, Pokja II PKK Bantan dan PKBM Albantani Lakukan MoU

Dibaca : 169 Kali
3

Ini Syaratnya, Disdik Bengkalis Buka Penerimaan Beasiswa Prestasi Akademik dan Non Akademik Jenjang SD

Dibaca : 2480 Kali
4

Upaya Tingkatkan Mutu Pendidikan melalui Akreditasi Sekolah, Kadisdik Bengkalis Jalin MoU dengan BAN-PDM Provinsi Riau

Dibaca : 339 Kali
5

Delapan Sekolah Terima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi dan Nasional, Kadisdik Bengkalis Ucapkan Tahniah

Dibaca : 840 Kali