Rabu, 16 September 2020 | 22:52:47 WIB | Dibaca : 245 Kali

Disdik Bengkalis Rancang Video Pembelajaran, Wadah Variasi KBM Daring Di Masa Pandemi

Editor: Vellia Yuliastuti - Reporter: Babam Suryaman - Fotografer: Ari Fardian
Disdik Bengkalis Rancang Video Pembelajaran, Wadah Variasi KBM Daring Di Masa Pandemi Teks foto: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura saat membuka kegiatan pembuatan video pembelajaran, Rabu 16 September 2020.

BENGKALIS, DISDIK - Masa pandemi Covid-19 membuat kegiatan belajar mengajar (KBM) tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Namun, hal ini tidak menghentikan guru-guru di Kabupaten Bengkalis untuk beraktivitas dan berkreativitas.
 
Merekapun berinovasi dengan membuat video pembelajaran informatif bagi siswa/siswinya agar bisa tetap belajar di rumah.
 
"Pembelajaran dari rumah saat ini dilakukan secara daring, KBM online secara penuh ini banyak kendala. Oleh karenanya kita berinovasi bagaimana pembelajaran lebih maju dan memudahkan guru dan siswa, salah satunya dengan membuat video pembelajaran," ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura.
 
Hal tersebut disampaikan Edi saat membuka kegiatan pembuatan video pembelajaran,  bertempat di aula Kantor Dinas Pendidikan Bengkalis, Rabu 16 September 2020.
 
Dihadapan 50 peserta asal Kecamatan Bengkalis dan Bantan, lebih lanjut Kadisdik Edi Sakura menjelaskan pembuatan media pembelajaran berbentuk audio visual tersebut nantinya tidak terlepas dari kurikulum pendidikan yang ada.
 
"Agar anak didik tetap mendapatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas sekaligus menyenangkan," ungkapnya lagi.
 
Lebih lanjut, teknis pembuatan video ini adalah materi belajar yang diprediksikan akan disampaikan kepada anak didik pada bulan Oktober dan November mendatang.
 
"Sebagai langkah awal, jenjang pendidikan yang terlibat baru SMP dulu, materinya 11 mata pelajaran. Dengan ketentuan setiap mata pelajaran dipilih delapan pokok bahasan untuk setiap kelas," jelas Edi seraya menyebutkan durasi video per materi sekitar 30 s.d 45 menit.
 
Seluruh video yang sudah dibuat, sambung Edi, agar diserahkan kepada pengawas binaan masing-masing sekolah, kemudian diserahkan kepada Kepala Bidang Pembinaan SMP, paling lambat akhir September 2020. Video akan ditayangkan melalui channel Youtube resmi Disdik Bengkalis.
 
"Semoga dengan hadirnya video pembelajaran yang dibuat oleh guru-guru nantinya, siswa tetap semangat belajar kreatif dan inovatif meskipun belajarnya dari rumah," pungkasnya.
 
Kegiatan ini diakhiri dengan pelatihan pembuatan video pembelajaran oleh Kepala Seksi Penilaian dan Kurikulum SMP Dinas Pendidikan, Mukhtar.
 
Dalam pelatihan, para guru mendapatkan materi tentang pengantar produksi video, pengambilan teknik pengajaran hingga proses penyuntingan video pembelajaran yang interaktif dan mudah diterapkan.

 

 

[Ikuti Terus Disdik Bengkalis Melalui Sosial Media]







Disdik Bengkalis
di Google+



Disdik Bengkalis
di Instagram
Baca Juga
Tulis Komentar
Berita Terkini
Selengkapnya
Agenda Kegiatan
Berita Terpopuler