Senin, 28 Oktober 2019 | 15:41:40 WIB | Dibaca : 223 Kali

Mulai Kulkas Tanpa Listrik, Hingga Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Editor: Ahmad Dawi - Reporter: Budiman - Fotografer: Diskominfotik
Mulai Kulkas Tanpa Listrik, Hingga Pembangkit Listrik Tenaga Angin Teks foto: Bupati Amril Mukminin bersama Kasmarni dan rombongan kunjungan ke masing-masing stand pameran pendidikan

BENGKALIS, DISDIK - Sejumlah 28 sekolah, mulai tingkat SD/MI dan SMP/MTs di Kabupaten Bengkalis meramaikan showcase atau tampilkan karya praktik, pada ajang Pameran Program PINTAR Tanoto Foundation, di Gedung LAMR Bengkalis  Senin, 28 Oktober 2019.

Puluhan karya inovasi siswa yang dikembangkan dalam pembelajaran, dipamerkan pada acara yabg bertempat di Gedung Lembaga Adat Melayu Bengkalis.

Misalnya, SDN 3 Bengkalis yang menunjukkan kulkas tanpa listrik buatan mereka. SDN 47 Bengkalis menerapkan manfaat bioteknologi dalam pembuatan tape. SDN 1 Bantan menampilkan otomatisasi sederhana lampu merah yang mereka buat di kelas. MIN 1 Bengkalis membuat pembangkit listrik tenaga angin sederhana. SDN 15 Bantan, menampilkan pemanfaatan minyak goreng bekas untuk digunakan sebagai bahan bakar lampu penerangan.

Sementara siswa SMPN 2 Bengkalis menunjukkan percobaan menguji kandungan vitamin C pada makanan dengan menggunakan iodine. Tiga tetes iodine yang dimasukkan pada makanan dan minuman, dapat memperlihatkan kadar vitamin C yang terkandung di dalamnya.

"Bila setelah ditetesi iodine warna makanan dan minuman berubah menjadi lebih pekat, maka dipastikan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi," kata Dika Emilian, siswa kelas VII SMPN 2 Bengkalis.

Siswa dari SMPN 8  menampilkan media langit Aljabar untuk memudahkan mereka belajar matematika. MTsN 1 Bengkalis memamerkan prosedur teks dalam bahasa Inggris How to Make Sandwich sambil memeragakan pembuatannya. Cara jni  membuat siswa lebih termotivasi praktik berbahasa Inggris. Masih banyak lagi karya siswa  yang dipamerkan.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, menyampaikan apresiasi atas kesungguhan Tanoto Foundation yang berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kemenag Kabupaten Bengkalis dalam meningkatkan mutu sekolah dan madrasah.

"Alhamdulillah, luar biasa. Kita apresiasi dan berterima kasih kepada Tanoto Foundation yang telah ikut bersama-sama memajukan pendidikan di Bengkalis semakin maju," kata Bupati saat membuka acara showcase.

Program praktik baik ini, menurut Bupati juga sebagai ajang diskusi kepala sekolah dan guru untuk saling menimba ilmu. Pembelajaran aktif yang diterapkan sekolah sudah bisa dilihat hasilnya hari ini.

"Capaian ini harus terus ditingkatkan. Harus selalu ada inovasi dalan menerapkan praktik pembelajaran aktif," kata Bupati lagi.

Bupati juga memberi dukungan dengan dimasukannya APBD tahun 2020 untuk mendukung penyebarluasan Program PINTAR di Kabupaten Bengkalis.

Sementara itu, Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation Stuart Weston mengatakan, Unjuk Karya Praktik Baik Program PINTAR merupakan bagian dari siklus pelatihan dan pendampingan kepada sekolah dan madrasah mitra dalam menerapkan pembelajaran aktif,  budaya baca, dan manajemen berbasis sekolah.

"Kita akan terus bekerja sama meningkatkan kualitas pendidikan, demi anak-anak Bengkalis dan anak-anak Riau. Kami percaya pendidikan yang berkualitas dapat mempercepat kesetaraan peluang," kata Stuart.

Setelah setahun berjalannya Program PINTAR, sekolah dan madrasah yang telah  dilatih dan didampingi telah memiliki banyak praktik baik dalam pembelajaran, manajemen berbasis sekolah dan budaya baca.

"Praktik baik tersebut perlu disebarluaskan kepada lebih banyak sekolah dan madrasah di Riau," terang Stuart.

Pada acara ini setiap stand pameran juga menyajikan berbagai demonstrasi menarik, inovatif, dan menjadi solusi pembelajaran untuk mendorong keaktifan siswa. Selain itu juga terdapat puluhan praktik baik yang telah dihasilkan dan dipamerkan untuk diambil manfaatnya oleh pengunjung pameran.

Berikut adalah sejumlah sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan Unjuk Karya Praktik Baik Program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten Bengkalis.

SDN 35 Bengkalis, SDN 54 Bengkalis, SDN 53 Bengkalis, SDN 45 Bengkalis, SDN 3 Bengkalis, SDN 11 Bengkalis, SDN 47 Bengkalis,  SDN 1 Bantan, SDN 15 Bantan, SDN 16 Bantan, SDN 21 Bantan, SDN 32 Bantan, SDN 9 Bantan, SDN 45 Bantan, SDN 14 Bantan, SDN 27 Bantan, MIS Nurul Iman, MIS Ibtidahul Huda, dan MIN 1 Bengkalis.

Selanjutnya, SMPN 2 Bengkalis, SMPN 4 Bengkalis, SMPN 11 Bengkalis, MTsN 1 Bengkalis, MTsN 2 Bengkalis, SMPN 1 Bantan, SMPN 2 Bantan, SMPN 3 Bantan, dan SMPN 8 Bantan.

 

 

[Ikuti Terus Disdik Bengkalis Melalui Sosial Media]







Disdik Bengkalis
di Google+



Disdik Bengkalis
di Instagram
Baca Juga
Tulis Komentar
Berita Terkini
Selengkapnya
Agenda Kegiatan
Berita Terpopuler