Jumat, 25 Oktober 2019 | 8:58:04 WIB | Dibaca : 162 Kali

28 Oktober, Tanoto Foundation Gelar Pameran Program PINTAR di Bengkalis

Editor: Syafrizal - Reporter: Babam Suryaman - Fotografer: Istimewa
28 Oktober, Tanoto Foundation Gelar Pameran Program PINTAR di Bengkalis Teks foto: Infografis pameran Pendidikan Unjuk Karya Program PINTAR

BENGKALIS, DISDIK - Tanoto Foundation bekerjasama Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis, Senin 28 Oktober 2019 akan menggelar Pameran Pendidikan Unjuk Karya Program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran) di Gedung LAMR Jl. Pramuka Bengkalis

Demikian diungkapkan Koordinator Tanoto Foundation Provinsi Riau, seperti dilansir dari laman resmi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Bengkalis, Jum'at 25 Oktober 2019.

Pameran ini akan diikuti 28 sekolah, meliputi Sekolah Dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kecamatan Bantan dan Bengkalis.

Sesuai rencana, Pameran Pendidikan Unjuk Karya Program PINTAR ini dibuka langsung oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin, setelah pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019.

Selain akan dihadiri Bupati Bengkalis Amril Mukminin, dalam pembukaan nanti bakal dihadiri Direktur Program PINTAR Tanoto Foundation Stuart Weston, Kepala Dinas  Pendidikan Edi Sakura, Kepala Kantor Kementerian Agama Jumari, semua Perangkat Daerah serta sekolah mitra, non mitra di kabupaten Bengkalis.

Ditambahkan Dendi Satria Buana, dalam pameran ini akan menampilkan unjuk karya pembelajaran, manajemen sekolah dan budaya baca. Secara rinci meliputi ratusan praktik baik pendidikan hasil dampingan dan kemitraan program PINTAR.

Kemudian, inovasi terkini, solusi dari banyak masalah di kelas maupun sekolah, metode mengelola pembelajaran aktif secara efisien menarik dan menantang siswa untuk berpikir tingkat tinggi.

Dendi menambahkan banyak manfaat dari kegiatan unjuk karya. Diantaranya menginspirasi pelaku pendidikan, terlebih  pelaku pendidikan yang belum bersentuhan  program PINTAR.  

“Unjuk karya ini adalah momen menarik bagi pelaku pendidikan di Kabupaten Bengkalis baik mitra maupun non mitra. Terima kasih kepada pendidik untuk semangat dan partisipasinya.  Terima kasih kepada Bupati Bengkalis yang telah mendukung program ini,” kata Dendi.  

Diterangkan Dendi, showcase Program PINTAR menampilkan berbagai macam hasil proses belajar yang menerapkan aspek pembelajaran aktif MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi).

Hasil proses belajar tersebut dikemas dalam berbagai bentuk tampilan produk pembelajaran, dimulai sejak perencanaan pelaksanaan pembelajaran, dokumentasi proses pembelajaran beserta media pembelajarannya dan hasil belajar peserta didik maupun hasil refleksi mereka. Selain itu, sekolah mitra juga mempersiapkan demonstrasi siswa yang menunjukkan ketrampilan belajar siswa.

Adapun sekolah mitra yang menampilkan hasil praktik baik program PINTAR, yakni SDN 3 Bengkalis, SDN 45 Bengkalis, SDN 11 Bengkalis, SDN 47 Bengkalis, SDN 54 Bengkalis, SDN 35 Bengkalis, SDN 53 Bengkalis.

Kemudian, MI Negeri 1 Bantan, SDN 1 Bantan, SDN 15 Bantan, SDN 16 Bantan, SDN 21 Bantan, MI Nurul Iman, SDN 32 Bantan, MI Ibtidaul Huda, SDN 14 Bantan, SDN 27 Bantan, SDN 9 Bantan dan SDN 25 Bantan.

Selanjutnya SMP yang ikut berpartipasi pada pameran Program PINTAR INI, SMPN 2 Bengkalis, SMPN 4 Bengkalis, SMPN 11 Bengkalis, MTsN 1 Bengkalis, SMPN 1 Bantan, SMPN 3 Bantan, SMPN 8 Bantan, MTsN 2 Bengkalis dan SMPN 2 Bantan

Kegiatan unjuk karya dan pameran sehari ini akan dilaksanakan dengan konsep interaktif, menyenangkan dan melibatkan banyak pihak. Harapannya akan semakin banyak pihak yang merasakan manfaat dari program PINTAR Tanoto Foundation untuk diadaptasi dan dikembangkan lebih lanjut.

 

 

[Ikuti Terus Disdik Bengkalis Melalui Sosial Media]







Disdik Bengkalis
di Google+



Disdik Bengkalis
di Instagram
Baca Juga
Tulis Komentar
Berita Terkini
Selengkapnya
Agenda Kegiatan
Berita Terpopuler